Redistribute Rip Eigrp

Pada artikel lalu, kita telah mempelajari cara menggabungkan rute statis dan eigrp dalam satu network. Yang menarik adalah, rute statis tidak menggunakan metrik sedangkan routing dinamis (eigrp) menggunakan metrik untuk menentukan jalur terbaik menuju destination network. Sehingga dalam redistribusi rute statis ke eigrp kita tidak perlu memberikan nilai metrik untuk rute statis. Tapi dalam dunia nyata, sebaiknya kita memberikan nilai metrik pada rute statis yang diinjeksikan pada eigrp.

Bagaimana dengan menggabungkan roting protokol RIP ke routing protokol EIGRP atau sebaliknya?
RIP mengunakan hop-count sebagai metriknya, sedangkan eigrp menggunakan bandwidth, delay, load dan reliability sebagi parameter untuk menghitung metriknya 

OK, kita akan belajar cara menggabungkan EIGRP dan RIP, dengan studi kasus seperti dibawah ini.

Skenario
Kalian adalah network administrator perusahaan PT. ABC. Perusahaan ini baru saja membeli perusahaan XYZ. Sebagai network engineer, kalian di kontrak untuk menyatukan network pada dua perusahaan yang baru bergabung tersebut. Perusahaan XYZ menggunakan routing protokol RIP pada network-nya, dan perusahaan PT.ABC menggunakan routing protokol EIGRP dengan topologi sebagai berikut,
topologi jaringan rip-eigrp

Ok, mari kita mulai. 
Pertama kita konfigurasikan router R1, router R2 dan router R3 menggunakan RIP versi 2. Khusus router R3 hanya network 13.13.13.0/30 yang di advertise. Lakukan ping untukl mencapai full connectivity. Cara konfigurasi dapat diihat disini. Kemudian konfigurasikan router R3, router R4 dan router R5 menggunakan routing protokol EIGRP AS 10. Cara konfigurasi dapat dilihat disini.

Ok sekarang mari kita lihat routing protokol apa saja yang berjalan di router R3, menggunakan perintah "show ip protocols"
show ip protocols rip eigrp

Dapat kita lihat, router R3 menjalankan routing protokol eigrp dan rip dan network mana saja yang ikut berpartisipasi.

Redistribute RIP EIGRP 

Ok sekarang kita injeksikan routing protokol rip pada eigrp dan sebaliknya,  sehingga semua network dapat saling berkomunikasi. 

R3#
R3# configure terminal 
R3(config)# router rip
R3(config-router)# redistribute eigrp 10 metric 3
R3(config-router)# router eigrp 10
R3(config-router)# redistribute rip 100000 100 128 128 1500 
R3(config-router)# end
R3#

Perhatikan perintah "R3(config-router)# redistribute eigrp 10 metric 3", karena RIP menggunakan hop-count sebagai metrik-nya disini kita masukkan 3 sebagai nilai metrik untuk eigrp (yang di injeksikan pada rip). 

Sedangkan perintah "R3(config-router)# redistribute rip 100000 100 128 128 1500" adalah nilai metrik untuk router rip (yang diinjeksikan pada eigrp). 

Kita lihat lagi bagaimana status routing pada router R3
show ip protocol R3

Dari gambar diatas, terlihat routing protokol eigrp telah diinjeksikan pada  RIP dan begitu juga sebaliknya. Untuk memperjelas hal ini kita lihat tabel routing pada router R1 dan R4

tabel routing R1
show ip route router cisco R1

tabel routing R4
show ip route router cisco R4


Dari gambar tabel routing diatas, terlihat network 4.4.4.0 dan 5.5.5.0 muncul pada router R1 dengan Administrative distance 120 dan metrik 3, network 1.1.1.0 dan 2.2.2.0 muncul pada tabel routing router R4. 

OK sekarang kita lakukan tes ping dari router R1 dan router R4
hasil ping Router R1
hasil ping Router R4

File konfigurasi gns3 dapat didownload disini.

No comments :