Membersihkan Heatsink Processor

Panas adalah musuh utama komputer. Untuk menjaga suhu CPU biasanya digunakan sistem pendingin yang terdiri dari kipas dan heatsink. Jenisnya banyak, mulai yang dari standar produsen CPU yang hanya menggunakan kipas + heatsink sampai yang aftermarket dengan pendingin cairan. Walaupun bermacam - jenis tetapi bahannya hampir sama, aluminium alloy. Sistem pendingin ini dapat ditemukan di CPU dan VGA, dan motherboard.   

Seiring waktu, debu akan menempel pada heatsink, heatsink akan hitam dan berkerak. Apalagi jika heatsink jarang dibersihkan.

Ok kita siapkan alat dan bahan 
Alat
  • Sikat gigi bekas 
  • Kuas ukuran kecil / sedang
  • Blower tangan  
  • Sarung tangan karet (jika ada)

Bahan 
  • Cairan pemutih pakaian (saya mengunakan merk bayclin karena mudah dibeli di warung / kios kecil )
  • Air
Siapkan larutan bayclin, biasanya saya mencampur satu liter air bersih dengan satu atau dua tutup botol cairan bayclin. Lepas kipas dan heatsink dari komputer. Jangan lupa matikan dulu komputernya. Pisahkan kipas dan heatsink. Rendam heatsink dalam larutan bayclin yang disiapkan sebelumnya, selama kurang lebih 10 menit. Sambil menunggu bersihkan komputer dari debu menggunakan kuas, dan blower tangan. Tanya tukang reparasi jam dimana membeli blower tangan. 

Setelah 10 menit direndam, gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat heatsink  dibawah air mengalir. Keringkan heatsink dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.  

Lihat hasilnya bersih bukan ?
heatsink processor

















* gambar berasal dari wikipedia