Tipe Network OSPF

Ada lima tipe network yang dikenal oleh router cisco, mereka adalah :
  • broadcast
  • non-broadcast
  • point-to-point
  • point-to-multipoint
  • nonbroadcast multiaccess

broadcast

Ospf akan menganggap "multiaccess network" jika kita menggunakan tipe network broadcast. Ini adalah tipe default network yang menggunakan interface ethernet. Tipe network ini mempunyai waktu Hello 10 detik dan waktu Dead 40 detik. OSPF akan memilih DR/BDR.

nonbroadcast

Frame relay dan ATM adalah contoh  tipe network nonbroadcast. Tipe network ini mempunyai waktu hello 30 detik dan waktu dead 20 detik. Adjacency dengan router neighbors dilakukan secara manual dan OSPF akan melakukan pemilihan DR/BDR, setelah adjacency terbentuk.

point-to-point

Ini adalah tipe network yang paling sederhana. Tidak akan terbentuk DR/BDR, waktu hello 10 detik , waktu dead 40 second. Tipe ini biasanya digunakan untuk 2 router yang saling terhubung langsung. Tidak ada pemilihan DR/BDR.

point-to-multipoint

Ospf akan menganggap tipe point-to-multipoint sebagai sekumpulan tipe point-to-point. Mempunyai waktu hello 30 dan waktu dead 120. Tidak ada pemilihan DR/BDR.

nonbroadcast multiaccess

Tipe network ini mirip dengan point-to-multipoint, adjacency dengan router neighbors dilakukan secara manual. Mempunyai waktu hello 30 detik dan waktu dead 120 detik.


Designated Router / Backup Designated Router (DR/BDR)

ospf multi access topology



















Pada gambar diatas, 4 router ospf terhubung dengan switch. Setiap router itu akan menjadi neighbors dengan ketiga router lainnya, saling mengirimkan paket hello, saling bertukar lsa...dll...dll.

fullmesh ospf


















Inilah yang kita dapat, sebuah network ospf fullmesh. Setiap router akan mencoba menjadi neighbors dengan router lainnya, dan kita akan mempunyai banyak paket ospf yang membanjiri jaringan. 
Untuk mengatasi hal ini dan membuat network efisien, ospf akan melakukan pemilihan Designated Router (DR) dan backupnya BDR. Sehingga router ospf hanya membentuk neighbors dengan DR dan bukan dengan router lainnya

DR dan BDR hanya terbentuk pada network multi-access. Untuk tipe network point-to-point tidak akan terbentuk DR/BDR, karena hanya ada satu router pada ujung lainnya. Masuk akal kan?

DR/BDR akan dipilih berdasarkan:
  • Router dengan prioritas tertinggi akan menjadi DR
  • Router dengan prioritas tertinggi kedua akan menjadi BDR
  • Jika prioritas sama, router dengan Router ID (RID) tertinggi yang akan menjadi DR dan router dengan RID tertinggi kedua akan menjadi BDR.
  • Router yang bukan DR/BDR akan muncul sebagai "DROTHER"

No comments :