OSPF Summarization

Tidak seperti EIGRP atau RIP yang melakukan summarization secara otomatis, OSPF tidak mempunyai fitur ini. Pada dasarnya summarization adalah  meringkas subnet - subnet network untuk kemudahan manajemen atau troubleshooting dan menghemat resource router.

Pada routing protokol OSPF, summarization tidak mungkin dilakukan pada sebuah area. Kita melakukan summarization pada router ABR dan ASBR, dan dilakukan secara manual, dan OSPF hanya dapat melakukan summarization pada LSA tipe 3 dan LSA tipe 5. 
Pada lab ini, kita akan belajar cara konfigurasi summarization pada routing protokol OSPF, menggunakan topologi dibawah ini.
Ospf Summarizaton topology

Perhatikan topologi diatas, jika kita tidak melakukan summarization, router R1 akan meng- generate LSA tipe 3 untuk setiap network dan akan disebarkan pada area 15. Begitu juga dengan router R3. Jika salah satu link gagal pada area 15, router R2 akan membanjiri area 0 dengan LSA tipe 3 yang terbaru, akibatnya LSDB akan berubah. Perubahan LSDB akan membuat ospf menjalankan lagi algoritma SPF yang memakan waktu dan resource router, dan perubahan topologi ini harus diumumkan pada semua area ospf. 
Seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

show ip ospf database
Jika kita melakukan summarization, akan berbeda hasilnya. Jika link ke network 172.16.1.0 failure pada area 15, tidak ada yang berubah pada area 0 ataupun area 10, karena area - area tersebut tidak mempunyai LSA tipe 3 yang spesifik (menunjuk ke network 172.16.1.0), pada LSDB-nya tetapi LSA yang menunjuk pada network summary.

Ok, sekarang kita konfigurasikan summarization pada router R2, karena router ini adalah ABR.


R2# configure terminal
R2(config)# router ospf 1
R2(config-router)# area 15 range 172.16.0.0 255.255.0.0

Dengan menggunakan perintah area area-id range summary-address, saya membuat summary 172.16.0.0 /16, untuk network untuk 172.16.0.0 - 172.16.4.0.
 
KIta lihat ospf database pada router R4
show ip ospf database summarization

Bagaimana dengan tabel routing pada router R4 ?
show ip route after summary

File gns3 lab ini dapat didownload disini.

No comments :