Berkenalan dengan Stub Network


Analogi yang tepat mengenai stub network adalah pulau yang hanya mempunyai satu jembatan yang menghubungkan pulau tersebut dengan daratan utama. Tidak ada transportasi laut ataupun udara. Orang - orang keluar masuk pulau hanya melalui jembatan tersebut.
Dengan analogi diatas, kita dapat mendeskripsikan stub network sebagai  network yang hanya mempunyai satu jalan keluar atau masuk. 
topologi network stub

Perhatikan Router R2 pada gambar diatas, router R2 mempunyai beberapa LAN yang terkoneksi langsung dan hanya mempunyai satu jalur keluar dan masuk melalui interface fast ethernet 0/0 menuju Router R1-HQ. Secara umum dapat dikatakan bahwa network pada router R2 dapat disebut sebagai stub network, karena network ini tidak menuju network lain. Router R2 adalah akhir dari jaringan.


Tabel routing router R2 dapat disederhanakan dengan menggunakan default route, dengan R1-HQ menjadi next hop, atau menggunakan exit interface fa0/0. 

Pada topologi diatas, router R1-HQ akan dikenal sebagai transit network dan router R1-HQ disebut sebagai transit router.

Tantangan : Ada berapa stub network pada topologi diatas ?

No comments :