Tipe Area Routing Protokol Ospf

Pemilihan area akan menentukan karakteristik dari informasi routing yang diterima oleh router dalam area tersebut. Informasi routing OSPF dikirim dalam bentuk Link State Advertisement (LSA), Oleh OSPF, LSA ini akan dikumpulkan dan dibuat dalam bentuk database yang dikenal dengan Link-State Database (LSDB). Algoritma SPF, Djikstra, akan menghitung LSDB untuk menentukan rute terbaik ke berbagai network tujuan. Semakin kecil LSDB, semakin cepat algoritma OSPF menghitung LSDB, yang berakibat waktu convergence yang cepat.

Beberapa area yang dikenal oleh ospf
  • Standard Area
  • Backbone Area (transit area)
  • Stub Area
  • Totally Stubby Area
  • Not-So-Stubby Area (NSSA)

Standar Area 

Ini ada area standar yang digunakan oleh OSPF. Area ini dapat menerima link update intra-area, route summaries interarea dan rute external.

Backbone Area

Area Backbone adalah pusat dari ospf, dimana semua area akan terkoneksi langsung pada area ini. Area ini akan selalu diberi label Area 0. Pertukaran informasi routing network terjadi pada area ini. Terkadang area backbone disebut area transit. Pada area ini akan kita temukan semua tipe lsa.

Stub Area

Area ini bisa disebut ujung dari network. Router ABR pada area ini akan menghasilkan LSA summary dengan link ID 0.0.0.0. LSA Tipe 4 dan LSA tipe 5  dan tidak akan disebarluaskan pada area ini. Router - router pada area ini akan menggunakan default route yang dihasilkan oleh Router ABR untuk mencapai destination network diluar area stub.

OSPF Stub Area


Totally Stub Area

Area ini mirip dengan Stub Area, hanya saja pada area ini selain tipe 4 LSA dan tipe 5 LSA yang tidak diijinkan berada pada area ini, tipe 3 LSA juga tidak boleh berada dalam area ini.

Not-So-Stubby Area (NSSA)

Karena tipe area stub dan totally stub tidak mengijinkan ASBR (LSA tipe 4) berada dalam area tersebut, bagaimana jika kita menginginkan ASBR berada dalam area stub? Inilah gunanya NSSA. Dia membolehkan kita untuk membuat ASBR pada area stub, tetapi tetap tidak mengijinkan LSA tipe 5.


Totally NSSA

Karakter area ini mirip dengan NSSA. LSA tipe 3 dan LSA tipe 5 tidak boleh berada dalam area ini. Network yang di-redistributed pada OSPF akan dikenala sebagai tipe 7 external LSAs pada area ini dan akan ditranslate ke LSA tipe 5 pada router ABR berikutnya. 

Tabel berikut ini menampilkan perbedaan area pada ospf 
Area OSPF

No comments :